Sunday, October 30, 2016

Perawatan Pada Kucing Maine Coon

Perawatan Kucing Maine Coon - Merawat kucing Maine Coon tidak hanya menyerahkan pengawasan dan perawatan tanpa kedekatan pemilik dengan kucingnya. Kebanyakan orang salah perlakuan setelah memiliki Maine Coon yaitu menyerahkan pengawasan serta perawatan kepada karyawan atau pekerja. Sebagaian besar maine coon memiliki bulu-bulu yang tebal dan panjang, maka harus sering dilakukan perawatan untuk menjaga kesehatan bulu-bulunya. Kucing ini juga banyak yang menyukai air, maka berikan selalu air bersih.


Perawatan Kucing Maine Coon
Perawatan Kucing Maine Coon
Sumber gambar : Suaraburungs.com

Memelihara kucing alangkah baiknya selalu berada didalam rumah karena akan lebih mudah untuk mengontrolnya, baik dari makanan yang dimakannya serta tidak dipungkiri ada sebagian orang diluar yang membenci akan keberadaan kucing. Jadi akan lebih baik dan aman jika kucing peliharaan anda selalu berada didalam rumah. Kucing Maine Coon mungkin bukanlah jenis kucing dengan tipe yang senang dimanja, tetapi rasa penasaran kucing jenis ini tergolong sangat besar. Sehingga mereka tetap akan terus mengawasi apapun yang anda kerjakan. Dan berikut ada beberapa saran bagi anda dalam merawat kucing Maine Coon :

Panduan & Perawatan Kucing Maine Coon
  • Grooming
Kebanyakan kucing melakukan pekerjaan yang baik dalam hal perawatan diri dan menjaga kebersihan tubuhnya. Maine Coon adalah jenis kucing berambut semi longhair, sehingga Anda perlu untuk membantu menyisir bulunya dengan teratur. Hal ini akan bermanfaat untuk beberapa alasan, yakni mengurangi kerontokan dan pembentukan hairballs.

  • Pemberian Makanan
Makanan dan air sangat penting bagi kesehatan kucing Maine Coon. Jadi anda harus menyediakan pasokan makanan segar dan air untuk kucing anda secara terus-menerus. Umumnya makanan dan air harus diganti dengan yang masih fresh setidaknya sekali sehari, dan lebih sering untuk beberapa kucing dengan situasi yang berbeda.

  • Pasir Kucing
Ketika memilih pasir, kami sangat menyarankan agar Anda menggunakan jenis yang tidak menggumpal. Baru-baru ini, ada banyak laporan tentang bahaya pasir yang menggumpal, bilamana tertelan maka dapat menyebabkan penyumbatan internal dan masalah kesehatan lain yang terkait. Hal itu beresiko pada Maine Coon anda, mengakibatkan berkembangnya masalah kesehatan yang serius. Tidaklah sebanding dengan risikonya jika anda menggunakan jenis pasir  yang lebih nyaman. Sebuah sendok plastik akan menjadi teman terbaik Anda! Jangan lupa untuk memberikan kotak pasir yang besar karena kucing maine coon adalah kucing yang besar.

  • Perawatan Gigi
Menyikat gigi Maine Coon dari bukan hal termudah untuk dilakukan, tapi direkomendasikan untuk dilakukan karena dapat mencegah penyakit gigi dan gusi. Penyakit periodental merupakan penyebab utama masalah kesehatan pada kucing, dan tidak diobati dapat menyebabkan masalah organ dan bahkan kematian. Ada beberapa produk yang tersedia untuk membantu Anda menyikat gigi kucing, seperti sikat kecil yang bisa dimasukkan di jari, untuk makanan kucing ada yang di formulasi sehingga dapat membantu mengurangi pertumbuhan plak, ada juga cairan yang mengandung fluoride khusus yang dicampurkan ke dalam air minum kucing.

  • Hairballs
Kucing Maine Coon adalah kucing yang sangat besar yang memiliki mantel bulu yang lebat dan tebal.. Pastikan untuk memiliki obat hairball di tangan. Hal ini akan melonggarkan hairballs dan membantu untuk menyingkirkannya secara alami.

  • Pemeliharaan Cakar
Kedua cakar di depan dan belakang harus di potong teratur, hal ini dapat membantu mengurangi kerusakan yang tidak diinginkan jika suatu saat kucing tersebut menggaruk-garuk perabotan Anda! Cakar kucing tidak perlu dipotong sesering mungkin hanya seperlunya saja, dan cara terbaik untuk melakukan pendekatan ini adalah dengan menggunakan perangkat alat potong kuku standar untuk kucing. Anda cukup tekan pada bagian bawah kaki mereka untuk menyebarkan jari-jari kaki terpisah dan potong bagian kuku yang diperlukan. Jika Anda sudah terbiasa memotong kuku kucing anda dari hari ke hari, maka itu akan menjadi tugas yang mudah dan teratur untuk dilakukan

  • Lain-lain
Membangun hubungan baik dengan dokter hewan setempat akan membantu anda dalam menangani masalah dan juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan pertanyaan atau masalah anda dijawab dengan cepat oleh seorang profesional dibidangnya. Melihat kebutuhan fisik dasar Maine Coon anda, setidaknya anda perlu melihat-lihat dan memeriksa lingkungan di mana ia akan hidup. Apakah aman dan bebas dari bahaya potensial? Anak kucing yang masih kecil lebih sering untuk mengeksplorasi (mirip anak-anak), dan bisa masuk ke tempat-tempat yang  tidak seharusnya mereka ada disana. Pastikan untuk menutup tempat-tempat terbuka di mana kucing yang lebih kecil mungkin bisa terjebak.


Memiliki kucing Maine Coon bisa menjadi pengalaman indah, tetapi Anda harus meluangkan waktu untuk merawat dengan benar. Begitulah cara merawat kucing maine coon , semoga artikel ini bisa bermanfaat.




Referensi : Cattery Mahameru

Artikel Terkait

Perawatan Pada Kucing Maine Coon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email