Sunday, November 13, 2016

Tips Memilih Kucing Maine Coon yang Bagus dan Berkualitas

Tips Memilih Kucing Maine Coon - Dengan meningkatnya popularitas kucing Maine coon di Indonesia, dan permintaan yang tinggi akan kucing ras terbesar ini oleh pencinta kucing di tanah air, maka kita harus bisa menentukan kualitas dari kucing maine coon itu sendiri. Tetapi akibat kepopuleran kucing maine coon tersebut banyak yang menyalah gunakan dengan menjual kucing maine coon mix breed yang tidak jelas asal usulnya, dengan menamakan Mix breed Maine coon, bila kucingnya agak besar dan hidungnya mancung, dan tentunya harganya pun di tinggikan dengan label maine coon nya. Tentunya yang kasihan adalah pembelinya, karena kurang pengetahuan , harus mengeluarkan uang yang lebih. dan efek lanjutannya dimasa mendatang turunan kucing mixbreed tersebut tidak laku di pasaran.


Tips Memilih Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon
Sumber gambar : pawculture.com
Kombinasi perkawinan campuran akan membuat kita menjadi lebih tidak jelas lagi tentang kucing maine coon ini, karena dalam kucing maine coon mix hampir serupa dengan maine coon asli bahkan ada juga yang bisa dikatakan sama persis. Harga pasaran maine coon yang bervariasi untuk anakan mainecoon dari  8 -20 jt, tentunya membuat pencinta kucing kebingungan. Harga ras Kucing tergantung dari kwalitas kucingnya, garis turunan,  bukan dari umur Kucing.
Baca juga : Tentang Kucing Maine Coon
Seperti Pepatah yang mengatakan buah yang baik di hasilkan dari bibit yang baik, Begitu juga untuk mendapat kan keturunan kucing mainecoon yang baik dan sesuai standart , di dapatkan dari perkawinan pejantan dan betina yang baik, jadi 80 persen  genetik yang menentukan, sedangkan perawatan dan nutrisi di perlukan untuk membuat anak ini bisa tumbuh dengan baik. jadi sangat tidak benar bila ada yang mengatakan makanan membuat struktur moncong jadi segi empat, kuping jadi tinggi, Rambut menjadi panjang, badan jadi panjang dll.

Cara menentukan Kwalitas Kucing maine Coon
Untuk Mengetahui kwalitas tentunya kita harus melihat standart yang di tentukan oleh organisasi Kucing dunia, dalam hal ini saya mengambil standart dari organisasi yang saya ikuti yaitu Cat Fanciers Association (CFA) yang berpusat di Ohio, USA.

Standart kucing Maine coon menurut CFA :
  • Kepala    Nilai    30
  • Badan     Nilai    30
  • Rambut   Nilai    20
  • Warna    Nilai    15
  • Keseimbangan Nilai 5
  1. Kepala yang dilihat adalah Bentuknya nilai 15, Kuping Nilai 10 dan Mata nilai 5
  2. Bentuk kepala yang bagus dari maine coon adalah berbentuk kotak
  3. Bentuk Kuping harus tinggi dari bawah besar dan mengecil tetapi ujungnya membulat
  4. Bentuk Mata yang baik untuk kucing maine coon adalah sedikit miring  dan matanya besar
  5. Bentuk Badan makin panjang makin bagus
  6. Kaki berukuran sedang,harus proportional sesuai dengan badan, telapak kaki besar, bulat dan baik.
  7. Buntut atau ekor Panjang, bentuknya lebar di dasar dan makin meruncing

Itulah cara melihat kualitas kucing munchkin dan jangan lupa data berikut diambil dari CFA sendiri jadi sudah bisa dipastikan itulah standart ras kucing maince coon yang bagus.

Demikian mengenai cara memilih kualitas kucing bagus, semoga artikel pendek ini bisa bermanfaat untuk cats lovers semuanya.

Artikel Terkait

Tips Memilih Kucing Maine Coon yang Bagus dan Berkualitas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email